10 Cara Mengatasi Masuk Angin Dengan Bahan Herbal

10 Cara Mengatasi Masuk Angin Dengan Bahan Herbal

Di musim hujan yang udaranya dingin seperti sekarang ini banyak orang yang mengalami masuk angin. Masuk angin, mungkin anda sudah tak asing lagi dengan jenis penyakit yang satu ini. Setiap orang pasti pernah mengalaminya. Sepele memang, namun tak sedikit masuk angin dapat menyebabkan kematian. Meskipun tak banyak kasus masuk angin yang menyebabkan kematian. Namun tetap tak boleh menganggapnya remeh. Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi masuk angin, kita harus tau dulu apa sajakah gejala dari masuk angina. Berikut adalah gejala yang akan anda alami jika anda masuk angin:

  1. Sering sendawa
  2. Perut kembung
  3. Pusing atau sakit kepala
  4. Mual
  5. Sering kentut dan bau banget
  6. Diare
  7. Tubuh terasa lelah dan pegal-pegal
  8. Demam atau meriang
  9. Badan terasa dingin
  10. Tidak nafsu makan

Nah itulah tadi beberapa gejala masuk angin yang perlu anda tahu. Nah jika sudah tau gejala nya, maka sekarang saya akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi masuk angin dengan bahan-bahan herbal yang ada di sekitar kita. Berikut mari kita simak Cara Mengatasi Masuk Angin selengkap nya:

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masuk angin. Hal ini karena jahe berkhasiat untuk memberikan rasa hangat dalam tubuh, mengatasi perut kembungn, dan juga dapat melancarkan sirkulasi darah.  Nah bagi anda yang suka beraktifitas pada malam hari ada baiknya jika anda sering minum wedang jahe untuk menjaga metabolisme tubuh ketimbang anda harus minum alcohol. Nah bagi anda yang mengalami masuk angina, jahe adalah obat yang tepat sekali. Cara mengatasi masuk angin dengan menggunakan jahe sangatlah mudah sekali. Anda hanya perlu menyeduh jahe yang sudah dimemarkan dengan air panas dengan dicampur sedikit gula.

  1. Berkumur Dengan Baking Soda dan Garam

Cara mengatasi masuk angin yang kedua adalah dengan berumur dengan larutan baking soda dan garam. Caranya sangat gampang banget. Campurkan satu sendok teh dan satu sendok the garam dengan setengah gelas air. Gunakan untuk berkumur-kumur selama 5 menit saja. Tapi ingat ya, jangan sampai tertelan.

  1. Makan Sup Ayam Panas

Umumnya orang yang mengalami masuk angin, nafsu makannya akan hilang. Makan apapun rasanya pahit. Ditambah lagi perut yang terasa sakit, malah membuat kita semakin malas makan. Nah kalau sudah begini sepertinya anda perlu mencoba makan sup ayam panas, kalau anda suka pedas boleh ditambahkan lada ataupun sambal. Sensasi pedas dan juga panas inilah yang akan membuat tubuh anda mengeluarkan banyak keringat. Kalau sudah begini badan akan terasa enteng, dan masuk angin anda akan hilang dengan sendirinya.

  1. Lemon Tea plus Madu

ketika masuk angina melanda, makan atau minum apapun rasanya akan pahit jadinya. Tapi anda tak perlu khawatir, cobalah untuk minum Lemon tea hangat yang dicampur dengan sedikit madu. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam lemon akan meningkatkan stamina dan memperbaiki system metablisme tubuh. Badan akan terasa enteng dan tak lagi capek dan pegal.

  1. Minyak Kayu Putih

Obat yang satu ini memang sudah tak asing lagi ya bagi kita. Sejak kita kecil, disaat kita sakit, sakit apapun itu obat yang pertama diberikan orang tua kita adalah minyak kayu putih. Minyak kayu putih memang banyak manfaatnya, salah satunya adalah untuk mengatasi masuk angina. Cara untuk mengatasi masuk angin dengan menggunakan minyak kayu putih sangatlah gampang, anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada leher, perut dan juga kening kita, maka masuk angin akan dhilang.

  1. Daun Pepaya

Mungkin obat yang satu ini jarang dipilih oleh sebagian orang. Hal ini tentu saja karena rasanya yang pahit. Sudah mulut pahit, minum yang pahit-pahit malah bikin nek pastinya. Tapi jika anda tahu khasiatnya maka anda akan lebih memilih obat herbal yang satu ini. Daun papaya mengandung zat antioksidan yang dapat meningkatkan system imun tubuh kita sehingga tubuh akan terlindungi dari berbagai macam penyakit. Cara mengatasi masuk angin dengan daun papaya adalah dengan merebus 4 lembar daun papaya yang masih muda dengan dua gelas air hingga tersisa separuh saja airnya, kemudian minum selagi masih hangat airnya.

  1.  Bawang Merah

Bawang merah banyak mengandung zat alicin dan juga zat antioksidan alami yang dapat menjaga stamina tubuh dan meningkatkan system imun tubuh kita. Sehingga melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Jadi jika anda sedang masuk angin, maka cobalah untuk mengunyah bawang merah mentah, maka masuk angin anda akan langsung hilang, dan tubuh akan terasa segar kembali.

  1. Teh Panas

Ketika masuk angin tubuh membutuhkan minuman hangat yang dapat menghangatkan tubuh. Nah salah satunya adalah dengan minum teh yang masih agak panas. Minuman yang satu ini memang sudah terbukti dapat mengatasi masuk angin dan juga membuat tubuh menjadi terasa segar kembali.

  1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C banyak mengandung zat anti oksidan yang berfungsi untuk menjaga metabolsime tubuh dan meningkatkan system imun tubuh. Nah saat masuk angin inilah tubuh membutuhka asupan vitamin C yang cukup. Anda bisa membeli vitamin C di apotek ataupun toko obat disekitar anda. Atau jika anda tak ingin minum obat, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat, lemon yang diseduh dengan air hangat, jambu biji, jeruk, manga, dan juga buah lainnya.

  1. Kerokan

Nah cara mengatasi masuk angin yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi anda. Pengobatan ini bahkan sudah menjadi warisan nenek moyang yang ditularkan secara turun-menurun. Bahkan sebagian orang beranggapan bahwa belum lega rasanya jika masuk angin tidak kerokan. Ada dua pilihan media untuk kerokan, ada yang menggunakan minyak kayu putih, ada juga yang menggunakan balsam. Namun banyak yang lebih memilih menggunakan balsem. Balsem atau minyak kayu putih dikerokkan ke badan hingga kulit berwarna merah. Dan menurut dunia medis, kerokan sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan masuk angin dan bahkan efeknya tiga kali lebih manjur ketimbang paracetamol loh. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, saat kerokan gunakan koin yang sudah dicuci bersih loh ya, agar kulit tidak terinfeksi oleh kuman. Dan pastikan kalau kerokan jangan menekan terlalu keras karena dapat menyebabkan pembuluh darah anda pecah.

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi masuk angin, anda bisa memilih satu dari banyak cara diatas untuk mengatasi masuk angin. Tapi perlu diingat juga selain mengobati dengan cara diatas, anda juga perlu mencegah terjadinya masuk angin dengan cara mengurangi begadang, dan tidak minum minuman dingin saat cuaca sedang dingin.

Sekian dulu ya artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Incoming search terms:

10 Cara Mengatasi Masuk Angin Dengan Bahan Herbal | nenden123 | 4.5