13 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

13 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga atau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan istilah pitaya adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Karena keindahan bunganya, seringkali bunga buah naga mendapat julukan Moonflower atau Queen of the night.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan buah. Akar buah naga hanyalah akar serabut yang berkembang dalam tanah pada batang atas sebagai akar gantung. Akar tumbuh di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut batang. Pada bagian duri, akan tumbuh bunga yang bentuknya mirip bunga Wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok berkembang menjadi buah. Buah naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah avokad. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga. Batangnya berbentuk segitiga, durinya sangat pendek dan tidak mencolok, sehingga sering dianggap “kaktus tak berduri”. Bunganya mekar pada waktu sore. Mahkota bunga bagian luar yang berwarna krem, akan mekar sekitar pukul sembilan malam, lalu disusul mahkota bagian dalam yang putih bersih, meliputi sejumlah benang sari yang berwarna kuning. Bunga seperti corong itu akhirnya terbuka penuh pada tengah malam, karena itu buah naga dikenal sebagai Night Blooming Cereus. Saat bunganya sepenuhnya mekar, buah naga akan menyebarkan bau yang sangat harum. Nah aroma inilah yang akan memikat kelelawar untuk menyerbuki bunga buah naga.

Buah naga memiliki empat jenis, dan nama buah tersebut merujuk pada buah-buahan yang dapat dimakan dari tumbuhan jenis kaktus, antara lain:

  1. Hylocereus undatus, buahnya memiliki warna merah dengan daging buah putih.

Jenis Hylocereus undatus paling sering ditemui di Indonesia. Jenis ini juga paling banyak dibudidayakan di Indonesia karena perawatannya yang mudah, bahkan dapat tumbuh subur meskipun ditanam di pot. Buah naga Hylocereus undatus sering juga disebut dengan buah naga putih, karena buah ini memiliki warna buah putih, namun kulit luarnya berwarna merah serah seta pada ujung sisiknya berwarna kehijauan. Buah ini memiliki rasa asam dan sedikit manis. Biasanya buah ini sering digunakan untuk campuran es buah atau dijadikan sebagai salad buah.

  1. Hylocereus costaricensis, buahnya memiliki warna yang sangat merah.

Jenis Hylocereus costaricensis ini sering disebut sebagai buah naga hitam, tapi sebenarnya warna buah naga jenis ini bukanlah hitam, namun berwarna merah yang sangat pekat sehingga mendekati warna hitam. Warna hitam yang dihasilkan dari daging buah naga jenis ini berasal dari pupuk alami yang bernama Black Natural. Black Natural tersebut merupakan campuran dari komposisi pupuk kotoran sapi, cengkeh sisa pabrik rokok atau cengkok cengkeh, ampas jamu, dan juga abu sekam. Campuran semua bahan pupuk ini memiliki efek yang meningkatkan kandungan betakaroten pada buah naga sehingga daging buahnya menjadi lebih pekat. Tapi  secara umum pertumbuhan morfologi dari tanaman ini sama dengan jenis buah naga lainnya. Memiliki kulit yang berwarna merah lengkap dengan sisik besar khas dari buah naga. Buah naga hitam mungkin masih terasa asing di Indonesia karena memang belum banyak masyarakat yang mengetahui adanya buah ini. Hal itu cukup wajar, karena budidaya buah naga hitam belum lama dan keberadaannya masih sangat terbatas.

  1. Hylocereus polyrhizus, buahnya memiliki warna merah muda dengan daging buah merah.

Jenis Hylocereus polyrhizus banyak orang menyebutnya sebagai buah naga merah, karena memiliki daging buah merah. Namun untuk bagian kulit luarnya hampir sama dengan kulit dari jenis buah naga putih, yaitu merah cerah namun warnanya sedikit pekat. Buah naga ini memiliki tekstur daging buah lebih berair jika dibandingkan dengan buah naga putih yang sedikit memiliki lendir. Rasa dari jenis buah naga Hylocereus polyrhizus lebih manis, karena itu buah naga ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan buah naga putih. Buah ini sering diolah menjadi smoothie atau jus buah. selain itu juga cocok untuk disantap langsung. Buah naga ini juga memiliki bebera khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk mengurangi resiko diabetes melitus.

  1. Selenicereus megalanthus, buahnya memiliki kulit dengan berwarna kuning dan daging buah berwarna putih.

Berbeda dengan penjelasan jenis buah naga di atas, buah naga jenis ini memiliki warna kulit kuning cerah dan bagian dalam buahnya berwarna putih. Ukuran buah naga ini dua kali lebih kecil dari buah naga lainnya. Keberadaan buah naga jenis ini jarang untuk kita temui di Indonesia, hanya dapat kita temui di beberapa pasar swalayan modern karena harga yang ditawarkan cukup tinggi.

Apapun jenis buah naganya sama-sama memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Cara mengkonsumsi buah naga sangat mudah, Anda bisa membelah buah naga menjadi dua bagian, lalu keruk isinya dan makanlah. Bisa juga di blender untuk dijadikan jus buah naga.

Manfaat dan kandungan buah naga sangat baik untuk berbagai macam hal dan pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Ada banyak manfaat buah naga yang akan kita bahas lebih lanjut, manfaat buah ini sangat baik jika dikonsumsi secara rutin maka akan membawa efek positif bagi tubuh.

  1. Membantu menjaga kesehatan dan stamina tubuh, kandungan antioksidan serta vitamin yang terdapat dalam buah naga merah dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan serta stamina tubuh. Hal ini penting guna meminimalisir efek radikal bebas serta lebih tahan terhadap penyakit. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat pula.
  2. Membantu melancarkan pencernaan, mengonsumsi buah naga juga dapat membantu melancarkan pencernaan karena terdapat kandungan air dan serat yang cukup tinggi di dalamnya.
  3. Membantu merawat kesehatan mata, kandungan beta-karoten di dalam buah naga merah mampu membantu merawat kesehatan mata sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.
  4. Menunda penuaan dini, manfaat buah naga untuk kecantikan adalah dengan memperlambat penuaan diri. Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.
  5. Memperindah tampilan fisik, buah naga merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu membantu menjaga kesehatan tubuh terutama pada kulit. Buah naga merah juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar perawatan tubuh yakni dengan mengolahnya menjadi krim lulur dan lain sebagainya.
  6. Membantu mengurangi berat badan, salah satu upaya dalam menurunkan berat badan (diet) adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan serat serta rendah kalori. Mengonsumsi buah naga merah dapat menjadi alternatif pilihan yang baik bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, Karena buah naga ini akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa takut tubuh akan menjadi melar.
  7. Membantu proses detoksifikasi, sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh) akan berjalan lancar.
  8. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sangat disarankan bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi untuk mengonsumsi buah ini. Seperti kita ketahui bahwa kolesterol sangat berbahaya apabila dibirkan tinggi, penyakit-penyakit serius yang timbulkannya antara lain penyakit jantung koroner dan stroke.
  9. Membantu dalam penyembuhan penyakit kanker, para dokter telah merekomendasikan untuk mengonsumsi buah naga merah untuk membantu penyembuhan penyakit kanker. Kandungan vitamin kompleksnya sangat bermanfaat bagi proses terapi dalam penyembuhan penyakit tersebut.
  10. Menstabilkan tekanan darah tinggi dan serangan jantung, buah naga merah dengan kandungan vitamin B3-nya sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi serta mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.
  11. Membantu penyembuhan penyakit diabetes, rasa manis yang ada pada buah naga merah tidak berasal dari glukosa sehingga aman untuk penderita penyakit diabetes. Bahkan beberapa ahli juga menyebutkan bahwa manfaat buah naga merah juga dapat membantu penyembuhan pada penderita penyakit tersebut.
  12. Meredakan penyakit asma dan batuk, bagi seseorang yang menderita penyakit asma sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga merah. Hal tersebut dikarenakan kandungan Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi sehingga bagi anda yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-berhenti, maka akan sedikit terobati. Namun bukan juga bisa dikatakan bahwa buah naga merupakan obat dari asma.
  13. Mencegah osteoporosis, mengonsumsi buah naga merah sangat baik untuk mencegah penyakit pengeroposan pada tulang atau yang biasa dikenal dengan sebutan istilah osteoporosis. Hal tersebut dikarenakan di dalam buah tersebut terdapat kandungan kalsium organik yang sangat baik untuk tulang.

Keterbutuhan akan nutrisi tubuh dapat terpenuhi salah satunya dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Sangat disarankan agar mengonsumsi buah ini secara rutin, mengingat manfaat serta khasiat buah naga merah yang begitu besar bagi kesehatan kita. Buah naga merah rasanya dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan hal-hal esensial lainnya. Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat yang terkandung dalam buah naga merah, semoga bermanfaat.

13 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan | nenden123 | 4.5