13 Manfaat Kapsida Untuk Mengatasi Masalah Kulit

13 Manfaat Kapsida Untuk Mengatasi Masalah Kulit

Pengobatan sejatinya merupakan perpaduan antara ilmu dan seni penyembuhan. Bidang keilmuan ini berkembang pesat mengikuti kemajuan teknologi. Banyak riset dilakukan terhadap obat-obatan yang sudah ada untuk mendapatkan senyawa turunan yang lebih baik lagi khasiatnya.

Di saat yang sama, kecerdasan masyarakat juga semakin berkembang karena mudahnya mendapatkan berita apa saja melalui gadget pribadi mereka. Dan akhirnya masyarakat mulai menyadari bahwa obat-obatan kimia memiliki efek samping yang kurang baik bagi tubuh. Efek samping obat-obatan kimia tersebut membuat masyarakat mulai melirik kembali pada obat-obatan dari bahan alami alias obat herbal. Bahkan beberapa masyarakat barat pun ikut-ikutan memberi perhatian khusus pada obat herbal ini. Beramai-ramai mereka mengusung tag line ‘back to nature’ mengikuti gaya pengobatan negara timur, khususnya Asia, yang sampai saat ini masih aktif menggunakan pengobatan dari bahan alami.

Di Indonesia sendiri, obat dari bahan alami atau obat herbal bukanlah hal yang baru. Secara empiris, nenek moyang Indonesia telah menggunakan obat herbal yang dikenal dengan sebutan ‘Jamu’. Pengetahuan terhadap jamu telah diwariskan secara turun temurun bahkan tertulis dalam kitab-kitab sejarah yang kebanyakan diwarisi oleh keluarga keraton di Indonesia.

Melihat fakta bahwa obat herbal menjadi pilihan untuk pengobatan berbagai macam penyakit, PT. Kembang Bulan pun tak ragu untuk turut memproduksi jamu. Produk jamu yang berkualitas tentunya. Salah satu produk unggulan kami adalah Kapsida. Kapsida pertama kali diproduksi pada tahun 1991 dengan nama asli Bersih Darah Kembang Bulan. Kemudian pada tahun 2011 berganti nama menjadi Kapsida yang dibarengi dengan peningkatan kualitas dari segi komposisi dan kemasan.

Bayangkan saja, hingga saat ini sudah 20 tahun lebih Kapsida dikonsumsi masyarakat Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa Kapsida memiliki manfaat yang berarti untuk penggunanya sehingga produk ini tetap eksis sampai sekarang. Siapa yang tak kenal Kapsida? Hampir setiap hari iklannya muncul di televisi. Jingle iklannya pun sudah dihafal pemirsanya mulai anak-anak hingga dewasa. Dengan tag line “Gatal, jerawat, bisul…. Kapsida aja!” tentu saja masyarakat langsung tahu apa khasiat Kapsida.

Kapsida (Kapsul bersih darah) dibuat untuk membantu meringankan gatal-gatal, bisul, korengan dan jerawat. kapsul bersih darah kembang bulan ini dibuat dari berbagai bahan alami yang diformulasikan secara khusus seperti ekstrak buah ketumbar dan sambiloto  yang diketahui mempunyai kandungan antibakteri, serta bahan-bahan lain yang membantu melancarkan peredaran darah dan memelihara kesehatan kulit. Dibuat dengan peralatan modern, kapsul bersih darah kembang bulan dijamin khasiat dan kebersihannya.

Pada tahun 2013 Dosen dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR), yakni Dr. Mustofa Helmi Effendi, DVM., DTAPH. dan Dr. Hani Plumeriastuti, DVM., Mkes, melakukan penelitian terhadap produk Kapsida untuk meningkatkan kualitas dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang satu ini.

Penelitian yang berjudul “efektivitas penggunaan per oral ekstrak herbal (kapsida) sebagai Imunomodulator pada mencit putih” bertujuan untuk mengkaji peran ekstrak Kapsida terhadap perubahan sistem kekebalan tubuh yang dalam penelitian ini menggunakan mencit jantan sebagai hewan coba.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa zak aktif yang dikandung oleh bahan ekstrak dalam kapsul KAPSIDA berpotensi sebagai imunomodulator. Pola respon imun yang didapat dari pengamatan terhadap struktur ileum hewan coba, dihasilkan bahwa pola tersebut sangat penting sebagai pertahanan terhadap pathogen intraseluler seperti virus, beberapa jenis bakteri, parasit maupun bahan yang mengandung zat allergen. Penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan untuk menggambarkan adanya peningkatan ekspresi sitokin dari sel imun mukosa usus halus ileum yang dapat mengurangi resiko yang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Tak tanggung-tanggung, untuk membuktikan keseriusan penelitian ini, para peneliti mengirimkan poster hasil penelitian tersebut untuk dilombakan pada acara “International Seminar on Natural Product Discoveries and its Impact on Pharmaceutical Sciences” yang diadakan oleh Universitas Airlangga pada tanggal 19 Agustus 2013.

Penelitian ini merupakan awal dari penelitian-penelitian yang akan dilakukan di masa mendatang. Tapi ada garis tegas yang di buktikan dari penelitian tersebut, bahwa Kapsida bukanlah produk abal-abal. Bahan-bahan herbal dalam Kapsida yang secara empiris telah digunakan dan dibuktikan untuk pengobatan penyakit kulit seperti gatal, jerawat dan bisul karena alergi, memang terbukti memiliki potensi sebagai imunomodulator.

Kapsida Kembang Bulan terbuat dari bahan herbal. Inilah bahan-bahan herbal yang terkandung dalam setiap kapsul Kapsida. Bagi Sobat Kapsida yang tidak mengerti dengan apa saja bahan-bahan herbal dari Kapsida, berikut penjelasannya:

  • Coriandri fructus

Coriandri fructus atau yang biasa disebut dengan ketumbar adalah salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang sudah sangat dikenal masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan obat-obatan.

  • Andrographidis herba

Andrographidis herba atau tanaman sambiloto merupakan tanaman liar yang berasal dari asia tropis yang banyak digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional karena mengandung senyawa alami yang berkhasiat untuk menyembuhkan.

  • Amomi fructus

Amomi fructus atau buah kapulaga merupakan tanaman rempah-rempah yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kulit.

  • Centellae herba

Centellae herba atau tanaman pegagan adalah tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kulit.

  • Imperatae rhizoma

Imperatae rhizoma yang bernama lokal akar alang-alang. Akar alang-alang merupakan tanaman obat-obatan yang kaya akan senyawa metabolis dan memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan tubuh dan kulit.

  • Curcumae domesticae Rhizoma

Sobat Kapsida pasti ngga tahu kalau Curcumae domesticae rhizoma biasa dikenal dengan tanaman kunyit. Kunyit merupakan tanaman rempah yang hidup didaerah tropis dan sering digunakan pada masakan dan pengobatan herbal di Asia. Kunyit mengandung vitamin C, beberapa senyawa (kurkumin dan desmetoksikumin) dan mengandung bahan antiseptik.

  • Burmani cortex

Burmani cortex atau kayu manis telah digunakan sebagai rempah bumbu masakan dan dimanfaatkan untuk pengobatan dari berbagai penyakit. Indonesia kaya sekali akan kayu manis. Kayu manis merupakan rempah yang unik karena berasal dari kulit batang pohon kayu manis.

  • Languatis rhizoma

Languatis rhizoma yang bernama lokal lengkuas atau laos ini merupakan tanaman yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Namun selain sebagai bumbu masakan, akar dari lengkuas juga bermanfaat sebagai obat karena mengandung banyak nutrisi dan bahan kimia alami.

Itulah bahan-bahan herbal dari Kapsida Kembang Bulan. Karena terbuat dari bahan herbal, maka Kapsida Kembang Bulan tidak mempunyai efek samping. Hal ini terbukti secara empiris dengan penelitian yang dilakukan oleh Unversitas Airlangga Surabaya beberapa saat yang lalu.

Kapsida atau yang juga dikenal dengan bersih darah kembang bulan sampai saat ini lebih dikenal sebagai kapsul penghilang jerawat namun ternyata bersih darah kembang bulan ini tak hanya mampu mengatasi jerawat saja, kapsida juga mampu mengatasi berbagai masalah kulit lainnya seperti:

  • Mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh

Centellae herba atau tanaman pegagan yang tekandung dalam kapsida dapat melancarkan peredaran darah.

  • Mengatasi jerawat pada wajah

Salah satu manfaat ketumbar yang terkandung dalam kapsida adalah untuk wajah adalah mengurangi dan menyembuhkan jerawat secara signifikan. Hal ini disebabkan kandungan vitamin yang banyak terkandung didalam ketumbar.

  • Membersihkan darah kotor

Bahan – bahan alami atau tanaman herbal seperti kunyit dan buah laga yang terkandung dalam kapsida mampu membersihkan darah kotor.

  • Mencegah penuaan dini

Vitamin C yang terkandung dalam tanamankunyit dapat membantu mencegah penuaan dini.

  • Mencegah infeksi terhadap bakteri penyebab bisul dan borok.

dari zaman dulu sampai sekarang kapsida sudah dikenal sebagai obat untuk mengatasi bisul dan borok.

  • Mencegah peradangan

Kandungan senyawa Cinnamaldehyede di dalam kayu manis bisa membantu mencegah peradangan dan penggumpalan darah.

  • Mampu membersihkan darah kotor yang ada di dalam tubuh

Pegagan adalah tanaman yang sering di pergunakan untuk membersihkan darah kotor yang ada didalam tubuh.

  • Menghilangkan flek hitam pada kulit wajah

Flek hitam adalah permasalahan sejuta umat perempuan di dunia, nah kandungan daun sambiloto yang terkandung dalah kapsida dapat menghilangkan flek hitam pada kulit wajah.

  • Mampu mengatasi gatal-gatal pada kulit

Kunyit yang terkandung dalam kapsida dapat mengobati beragam jenis penyakit kulit serta gatal-gatal pastinya ada banyak kandungan alami didalam kunyit yang begitu bermanfaat untuk mengusir bakteri penyebabnya gatal. Lantas apa sajakah kandungan didalam kunyit ini? Kunyit memiliki kandungan kurkuminoid yang disebut senyawa yang mempunyai manfaat sebagai obat yang mana terbagi dalam kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin.

  • Menjaga kulit agar terlihat awet muda

Lengkuas dapat menghambat proses penuaan yang terjadi pada kulit. Komponen di dalam lengkuas yang berfungsi untuk menghambat proses penuaan adalah antioksidan. Berdasarkan penelitian, lengkuas memiliki 40 jenis antioksidan sekaligus. Semua antioksidan tersebut menghambat proses penuaan dengan cara melindungi kulit dari radikal bebas.

  • Mengeluarkan toksin didalam tubuh

Saat racun keluar dari tubuh dan sirkulasi darah berjalan dengan baik, kulit akan mendapatkan nutrisi lebih banyak dibandingkan biasanya. Hal inilah yang membuat kulit menjadi lebih sehat.

  • menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).

Kapsida memiliki bahan yang terbuat dari Pegagan yang memiliki kandungan beberapa bahan kimia alami yang mampu menghambat produksi bekas luka yang berlebihan.

  • Menghaluskan kulit

Kandungan minyak esensial, kalium, zat besi, magnesium, kalsium, antioksidan vitamin C, dan folat. Nutrisi ini, memainkan peran penting dalam menjaga kelembaban pada kulit dan sekaligus dapat menyehatkan kulit.

Perlu diketahui, untuk memperoleh khasiat yang maksimal sebaiknya ikuti petunjuk pemakaian yaitu minumlah dua kapsul kapsidaa 3 kali sehari sebelum makan dan sebelum tidur. Jika anda masih ragu apakah kapsida baik dan cocok cocok dengan kulit anda maka lebih baiknya lagi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan anda. Namun perlu diingat walaupun sudah mengonsumsi kapsida sesuai dengan aturan pemakaian namun terkadang masih menimbulkan efek samping berupa gangguan pencernaan tetapi hal ini akan berlangsung lama hanya beberapa saat dan akan segera hilang selain itu efek samping tersebut sangatlah jarang terjadi jadi anda tak perlu khawatir.

Itulah sekilas mengenai kapsida atau bersih darah kembang bulan sebagai kapsul penghilang jerawat yang telah lama menemani perjalanan wanita indonesia. semoga informasi ini bermanfaat.

Incoming search terms:

13 Manfaat Kapsida Untuk Mengatasi Masalah Kulit | nenden123 | 4.5