20 Makanan Mengandung Protein Tinggi Di Sekitar Kita

20 Makanan Mengandung Protein Tinggi Di Sekitar Kita

Protein merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi tubuh karena perannya yang ikut dalam berbagai sistem metabolisme dalam tubuh. Nama protein sendiri berasal dari bahasa Yunani “protos” yang artinya adalah paling utama, nama yang sangat cocok mengingat perannya sangat penting / utama dalam tubuh. Protein ini merupakan senyawa organik yang kompleks dengan bobot molekul yang tinggi dan merupakan hasil polimer dari monomer asam amino yang berikatan secara peptida hingga bisa saling terhubung antara satu monomer dengan monomer lainnya. Molekul protein ini tersusun atas oksigen, hidrogen, karbon dan nitrogen namun terkadang juga ada penambahan unsur lain seperti fosfor atau sulfur.

Protein ini memiliki peran yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup termasuk virus sekalipun karena setiap sel dalam makhluk hidup pasti memerlukan protein dan selain itu protein terlibat dalam berbagai mekanisme kehidupan di dalam hidup makhluk hidup misalnya protein ikut berperan dalam sistem daya tahan tubuh, sistem kendali hormon, pembentukan sitoskeleton, berguna sebagai sumber nutrisi bagi makhluk hidup yang tidak bisa membuat asam amino / makanannya sendiri (heterotrof) seperti beberapa jenis tumbuhan dan masih banyak lagi yang lainnya. Protein sendiri ditemukan sekitar tahun 1838 oleh Jons Jakob Berzelius. Protein merupakan salah satu biomolekul besar yang menjadi penyusun utama dari ttubuh makhluk hidup selain polinukleotida, lipid dan polisakarida.

Karena memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh makhluk hidup khususnya manusia maka kekurangan protein dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul akibat degenerasi protein yaitu seperti

  1. Rambut rontok karena sekitar 97% sampai 99% rambut terdiri dari protein.
  2. Kekurangan yang terjadi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan marasmus hingga kematian
  3. Degenerasi protein juga dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit seperti busung lapar, hipotonus, gangguan pada pertumbuhan dan hati lemak.

Sejak ditemukannya, protein terus diteliti untuk mengetahui lebih lanjut fungsi dan efeknya bagi tubuh. Beberapa penelitian yang telah dilakukan seperti yang dilakukan oleh kimiawan asal Amerika Serikat Thomas Osborne Lafayete Mendel pada tahun 1914 pernah menguuji coba sekelompok kelinci diberikan dua jenis protein yang berbeda yaitu protein nabati dan protein hewani. Dari hasil penelitian tersebut menghasilkan bahwa protein hewani mampu meningkatkan berat badan sekelompok kelinci lebih cepat dibandingkan dengan protein nabati. Percobaan ini dilakukan kembali oleh McCay yang berasal dari Universitas Berkeley menunjukkan walaupun protein hewani mampu meningkatkan berat badan dengan cepat namun di sisi lain protein nabati mampu memperpanjang masa hidup kelinci hingga 2 kali jika dibanding protein hewani.

Secara umum kegunaan protein bagi tubuh manusia yaitu sebagai salah satu sumber energi yang sehat, berperan dalam perkembangan, memperbaiki sel atau jaringan yang rusak, dapa berguna sebagai cadangan makanan, mampu mengatur keseimbangan asam basa di dalam tubuh, berguna sebagai penyintesis hormon atau enzim serta antibodi. Karena perannya yang sangat penting itu setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi protein 1 gram tiap kg berat badan orang tersebut.

Sumber Makanan Yang Memiliki Kandungan Protein Hewani Tinggi

  1. Kacang kedelai

Kacang kedelai dianggap sebagai top sumber protein karena di dalam setiap 100 gram kacang kedelai mengandung protein kurang lebih sebanyak 36 gram. Salah satu keunggulan dari kacang kedelai ialah dapat ddioalh menjadi berbagai macam olahan namun yang paling disarankan ialah dijadikan olahan tempe karena senyawa preotein terhidrolisis menjaddi senyawa sederhana yang lebih mudah dicerna.

  1. Daging

Daging merupakan jenis makanan nomer satu yang mengandung sumber protein. Dari berbagai jenis daging yang ada daging ikan laut merupakan yang paling banyak mengandung protein kemudian disusul dada ayam, daging domba dan daging sapi. Oleh karena itu ikan laut menjadi salah satu makanan favorit di negara Jepang dan oleh sebab itulah mengapa orang di negara jepang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Di dalam setiap 100 gram daging mengandung protein kurang lebih sebanyak 20 sampai 36 gram tergantung dari jenis dagingnya.

  1. Tuna

The IUCN says the Atlantic bluefin tuna is endangered. Its stocks have declined globally between 29 percent and 51 percent over the past 21 to 39 years, according to the conservation group.

Ikan tuna merupakan jenis ikan laut yang memiliki kandungan protein paling tinggi yaitu sekitar 29 gram tiap 100 gram makanan. Selain kaya akan kandungan protein, ikan tuna juga mengandung omega 3 yang berguna untuk perkembangan dan kecerdasan otak. Maka dari itu ikan tuna sangat disarankan dikonsumsi terutama oleh anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan.

  1. Kacang polong

Di dalam setiap 100 gram kacang polong mengandung protein kurang lebih sebanyak 25 gram. Selain kaya protein kacang polong ini juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

  1. Keju

Makanan yang diperoleh dari hasil fermentasi susu ini selain memiliki rasa yang nikmat juga kaya akan kandungan protein. Di dalam setiap 100 gram keju mengandung protein kurang lebih sebanyak 21 gram

  1. Kacang almond

Hampir sama dengan keju di dalam setiap 100 gram kacang almond mengandung protein kurang lebih sebanyak 21 gram namun kekurangannya jenis kacang ini masih sulit didapatkan di Indonesia.

  1. Bii labu

Biasanya seseorang akan memanfaatkan daging buahnya untuk dikonsumsi namun siapa sangka jika biji dari buah labu termasuk dalam 20 makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Di dalam setiap 100 gram biji labu mengandung protein kurang lebih sebanyak 19 gram

  1. Gandum

Di dalam setiap 100 gram gandum mengandung protein kurang lebih sebanyak 16 gram. Di luar negri khususnya di negara-negara maju kawasan Eropa dan Amerika menjadikan gandum sebagai makanan pokok karena dinilai lebih bermanfaat dibanding beras maupun jenis makanan pokok lainnya. Selain protein gandum juga kaya akan gizi lainnya seperti vitamin dan mineral

  1. Tahu

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa makanan hasil dari olahan kacang kedelai dapat dipastikan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi seperti tahu. Di dalam setiap 100 gram tahu mengandung protein kurang lebih sebanyak 14 gram

  1. Telur

20 makanan mengandung protein tinggi lainnya ialah telur yang iasa kita konsumsi sehari hari. Di dalam setiap 100 gram telur mengandung protein kurang lebih sebanyak 12 gram. Salah satu keunggulan dari telur yaitu mudah di dapatkan dan diperoleh dengan harga yang terjangkau jika dibanding dengan sumber protein yang telah dijelaskan sebelumnya.

  1. Jagung

An ear of corn isolated on a white background

20 makanan yang memiliki kandungan protein tinggi ialah jagung bahkan kandungan protein di dalam jagung ini mengalahkan beras sebagai makanan utama masyarakat indonesia. Di dalam setiap 100 gram jagung mengandung protein kurang lebih sebanyak 9 gram

  1. Beras

Siapa sangka jika makanan pokok utama di indonesia ini juga kaya akan kandungan protein. Di dalam setiap 100 gram beras mengandung protein kurang lebih sebanyak 7 gram

Selain beberapa jenis makanan yang telah disebutkan di atas ada beberapa jenis makanan lainnya yang juga termasuk ke dalam 20 makanan mengandung protein tinggi seperti bayam brokoli susu sapi, susu kambing, kentang, keju, kacang hitam dan alpukat

20 Makanan Mengandung Protein Tinggi Di Sekitar Kita | nenden123 | 4.5