6 Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Bahan Alami

6 Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Bahan Alami

Kalau ngomongin bau badan memang agak bikin sensitive ya. Terlihat sepele sih namun jika dibiarkan ini bisa membuat orang menjadi merasa tak nyaman berada di samping kita. Dan parahnya lagi kadang orang sungkan jika harus mengingatkan akan bau badan yang kita miliki. Yang ada mereka jadi malas untuk ketemu kita. Haduh, pasti gak mau dong kalau kita ngalamin pengalaman seperti itu. Bisa bikin jatuh pasaran kita ya pastinya. Apalagi jika kita kerjanya harus berhadapan dengan banyak orang secara langsung.

Untuk itu masalah bau badan memang tak boleh dianggap sepele, meskipun terkadang orang menutupinya dengan menggunakan parfum berulang kali terkadang bau badan itu tetap muncul. Terus apa yang salah sama kita donk? Apa saja hal yang harus kita lakukan?  Tenang saja, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips dan juga cara menggunakan bau badan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentu saja murah dan mudah kita dapatkan di sekitar kita.

Namun sebelum kita membahas hal itu, kita harus tau dulu apa saja sih yang membuat bau badan itu muncul. Berikut hal-hal yang menyebabkan bau badan:

  • Stress

Stress memang banyak menimbulakn efek negative bagi kita. Salah satunya adalah bau badan. Kok bisa ya? Lantas apa hubungannya ya? Hubungannya adalah ketika kita sedang stress makan otak akan banyak berpikir dan karena hal itu tubuh akan semakin banyak memproduksi keringat. Kalau badan sudah berkeringat akan memicu bertambahnya kuman sebagai penyebab bau badan.

  • Alkohol dan Rokok

Orang yang terbiasa minum alcohol dan merokok cenderung memiliki bau badan yang menyengat. Kalau tak percaya silahkan buktikan sendiri ya. Hal ini karena alcohol juga diproses di dalam hati dan kemudian zat yang terpakai dikeluarkan melalui kelenjar keringat.

  • Asam Propionat

Asam ini memang secara alami dikeluarkan oleh kelenjar keringat kita. Baunya kecut seperti asam. Asam ini akan meningkat produksinya pada usia remaja.

  • Asam Isovalerik

Asam ini merupakan jenis asam yang disebabkan oleh kuman yang berkembang biak ditempat yang lembab. Seperti diketiak misalnya.jika kondisi kulit semakin lembab maka kuman akan memproduksi asam isovalerik semakin banyak juga.

  • Terlalu banyak konsumsi Daging

bagi anda para penggemar daging dan hampr setiap hari anda makan daging, maka jangan kaget jika keringat anda baunya menyengat sekali. Meskipun anda menggunakan parfum dan juga deodorant sekalipun, saat anda berkeringat maka bau kecut itu akan tetap tercium juga. Daging merupakan salah satu bahan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Jadi system pembuangannya melalui keringat. Maka mulai sekarang kurangi konsumsi dagingnya dang anti dengan sayuran hijau.

  • Terlalu Banyak Konsumsi Bawang Putih

Selain dapat menyebabkan bau mulut, bawnag putih juga dapat menyebabkan bau badan. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh beberapa peneliti. Jadi jika anda tak ingin keringat anda baunya menyengat maka kurangi konsumsi bawang ya.

Nah setelah kita membahas mengenai apa saja yang menyebabkan bau badan, sekarang kita akan membahas bagaimana sih cara menghilangkan bau badan secara alami itu? Yuk kita simak ulasannya berikut ini:

  1. Konsumsi Daun Kemangi

Bagi anda para penggemar lalapan, ada kabar baik nih. Ternyata daun kemangi yang selalu ada dalam menu lalapan yang sering anda konsumsi ternyata memiliki andil besar loh dalam mencegah timbulnya bau badan. Jadi jika anda tak ingin bau badan maka banyak konsumsi daun kemangi ya.

  1. Konsumsi Daun Sirih

daun sirih memang terkenal sebagai bahan alami yang efektif untuk membunuh kuman dan bakteri. Nah anda juga bisa memanfaatkan daun sirih sebagai salah satu cara menghilangkan bau badan yang anda miliki. Zat anti bacterial yang terkandung dalam daun sirih dapat membunuh kuman penyebab bau badan. Berikut cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih:

  • Siapkan lima lembar daun sirih kemudian cuci bersih
  • Kemudian rebus dengan dicampur dua gelas air
  • Setelah itu didihkan dan biarkan sampai airnya hanya tersisa kurang lebih satu gelas saja
  • Kemudian tunggu hingga hangat airnya dan minum
  • Minum ramuan ini sebanyak dua kali sehari secara rutin
  1. Kurangi Rokok Dan Alkohol

Kita tahu bahwa rokok dan juga alcohol adalah dua hal pemicu timbulnya bau badan yang menyengat. Nah untuk itu jika anda tak ingin memiliki bau badan yang menyengat, maka mulai sekarang jauhi deh dua hal itu. Selain dapat memicu munculnya bau badan yang menyengat, rokok dan juga alcohol juga berbahaya bagi kesehatan.

  1. Jauhi Makanan Penyebab Bau Badan

Nah cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan menghindari atau menjauhi makanan penyebab bau badan seperti bawang putih, jengkol, pete, daging, dan juga kaffein. Akan lebih baik jika anda banyak mengkonsumsi sayur-sayuran hijau.

  1. Konsumsi Jahe

Jahe selain dapat menghangatkan tubuh dimusim penghujan yang dingin seperti sekarang ini, ternyata juga dapat menghilangkan bau badan yang anda miliki loh. Cukup minum wedang jahe setiap hari saja, dengan begitu maka secara berangsur-angsur bau badan yang anda miliki akan segera hilang. Ada dua manfaat yang akan anda dapatkan jika anda rutin mengkonsumi jahe. Yang pertama tubuh anda tetap sehat dan yang kedua adalah bau badan anda akan hilang.

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Selain menggunakan bahan-bahan alami seperti yang saya sebutkan diatas, cara menghilangkan bau badan yang harus anda tahu adalah menjaga kebersihan tubuh anda. Percuma jika anda sudah mengkonsumsi makanan pencegah bau badan tapi tubuh anda tidak terjaga kesehatannya. Tetap saja anda akan bau badan karena kuman masih menempel ditubuh anda. Nah untuk itu anda perlu melakukan hal-hal berikut ini agar anda terhindar dari bau badan:

  • Mandi secara rutin dua kali sehari. Jarang mandi tak baik, terlalu sering mandi juga tak baik pula. Untuk mandilah sesuai yang dianjurkan dokter, yakni cukup dua kali sehari saja.
  • Ketika cuaca panas gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti bahan katun. Disaat cuaca panas tubuh akan banyak memproduksi keringat dan untuk itu pakaian anda harus bisa menyerap keringat tersebut. dan itu dapat menimalisir timbulnya bau badan.
  • Gantilah pakaian secara teratur alias ganti pakaian anda setiap hari. Jangan menggunkan pakaian yang kemarin sudah dipakai tanpa mencucinya terlebih dahulu. Karena disana banyak tersembunyi kuman penyebab bau badan.
  • Jangan lupa gunakan deodorant dan juga parfum

Nah itulah tadi ulasan penyebab munculnya bau badan dan cara menghilangkan bau badan secara alami. Sekarang udah tau kan apa saja yang bikin kamu bau badan selama ini. Kalau udah tau jauhin yah hal-hal yang dapat memicu tombulnya bau badan. Yaudah sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa menambah wawasan anda.

6 Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Bahan Alami | nenden123 | 4.5