Manfaat Buah Cempedak Dan Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Manfaat Buah Cempedak Dan Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Cempedak atau campedak merupakan salah satu jenis tanaman buah yang masih tergolong dalam famili Moraceae seperti durian dan nangka, oleh karena itulah buah cempedak ini memiliki bentuk, ciri-ciri, rasa dan bau yang hampir mirip seperti buah nangka. Namun yang membedakannya dengan buah nangka yaitu dari aromanya yang lebih kuat seperti durian dibandingkan dengan nangka. Buah yang diperkirakan berasal dari Semenanjung Malaya ini mempunyaibanyak sebutan lain yang setiap daerahnya berbeda-beda seperti di malaysia buah cempedak dikenal dengan nama buah bangkong, di kep.lingga disebut sebagai buah baroh, di jawa disebut dengan nongko cino, orang sunda menyebut buah cempedak dengan nangka beurit di kalimantan khususnya orang banjar menyebut cempedak dengan nama tiwadak, di Minangkabau disebut dengan nama cubadak hutan dan lain sebagainya.

Buah yang mempunyai karakteristik hampir sama dengan buah nangka ini memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan manusia, mulai dari buahnya sendiri yang dapat dikonsumsi secara langsung dalam keadaan yang masih segar atau diolah terlebih dahulu menjadi camilan dengan cara melumurinya dengan tepung kemudian menggorengnya. Sama halnya seperti buah nangka, biji dari buah cempedak ini juga dapat dikonsumsi setelah mengalami pengolahan terlebih dahulu baik dengan cara direbus, digoreng hingga dibakar. Kemudian buahnya yang masih muda atau yang belum makan juga dapat dimakan dengan cara memanfaatkannya sebagai sayuran atau lauk makan.

Kayu pohon cempedakmempunyai kualitas yang tergolong bagus, oleh sebab itulah tak sedikit perabotan ruma, kayu bangunan ataupun perahu yang menggunakan kayu pohon cempedak sebagai bahan utamanya. Tak berhenti sampai disitu, bagi masyarakat banjar yang ada di kalimantan buah cempedak yang lebih dikenal dengan nama tiwadak ini juga dimanfaatkan kulit buahnya untuk dikonsumsi dan orang banjar biasanya menyebutnya dengan nama Mandai atau dami. Mandai atau dami dapat dibuat dengan cara mengolah kulit buah cempedak dalam beberapa tahap.

Pertama kulit buah cempedak dibersihkan dan dikupas sampai nampak keputih-putihan lalu kemudian merendamnya selama beberapa jam atau bahkan beberapa minggu di dalam larutan air garam dengan tujuan untuk mengawetkannya. Dan terakhir goreng kulit buah cempedak yang telah direndam tadi hingga berwarna kecoklatan. Selain itu kayu dari pohon cempedak ini juga dapat diolah menjadi bahan tali karena sifat kulit kayu pohon cempedak yang berserat, dapat dijadikan sebagai bahan pewarna (kuning) alami.

Pohon cempedak dapat dapat tumbuh secara alami di kawasan hutan berdataran rendah dan dapat tumbuh sampai 1000 meter di atas permukaan laut. Pohon cempedak juga bisa ditanam di berbagai tempat mulai dari pekarangan rumah, kebun campuran hingga wanatani yang kompleks. Salah satu keunikan yang dimiliki pohon cempedak yaitu dapat bersilang dengan pohon nangka secara alami sehingga dapat menghasilkan varietas baru yang kiranya lebih berkualitas.

Kandungan Dan Manfaat Buah Cemepdak Bagi Kesehatan

Memiliki rasa yang manis dan segar rasanya mustahil untuk tidak ketagihan dengan kembaran buah nangka ini, terlebih jika telah mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Di dalam buah berwarna kuning cerah tersebut terdapat beberapa jenis vitamin serta nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin C, ascobic acid dan bioflavonoid. Setelah mengetahui kandungan yang ada di dalam buah cempedak pembahasan selanjutnya yaitu khasiat dari buah cempedak. Berikut ini beberapa manfaat buah cempedak bagi kesehatan

  1. Buah cempedak berguna untuk kesehatan mata

Manfaat buah cempedak yang pertama yaitu berguna untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang kita ketahui bersama vitamin A merupakan vitamin penting yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Dengan adanya vitamin A yang terkandung di dalam buah cempedak tersebut maka tak heran jika mengonsumsi buah cempedak secara rutin juga mampu membuat mata tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Buah cempedak berguna bagi sistem daya tahan tubuh

Bioflavonoid yang terkandung di dalam buah cempedak merupakan salah satu zat antioksidan yang secara aktif mampu menangkal berbagai zat asing seperti bakteri, virus, zat pemicu kanker, zat alergen atau zat lain yang berusaha menginfeksi tubuh. Selain itu buah cempedak juga meningkatkan daya tahan tubuh seseorang menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  1. Buah cempedak untuk mengatasi penyakit malaria

Malaria merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan bisa dialami oleh semua orang. Buah dengan nama latin artocurpus integer ini mengandung heteroflavonon C yang banyak ditemui pada kulit batang pohon cempedak. Setelah melakuukan penelitian dan percobaan ternyata zat tersebut dianggap lebih efektif dibandingkan kina yang biasanya menjadi obat untuk membantu menyembuhkan penyakit malaria.

  1. Buah cempedak berguna untuk mengatasi dehidrasi

Buah cempedak merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup banyak. Bukan air biasa, air yang terkandung di dalam buah cempedak ini juga mengandung berbagai jenis mineral penting yang diperlukan oleh tubuh terutama dalam kondisi kekurangan cairan akibat menderita penyakit atau akibat aktifitas fisik yang dilakukan.

  1. Buah cempedak berguna untuk mencegah penuaan

Penuaan yang terjadi terlalu dini dapat ditandai dengan munculnya keriput atau kerutan di sekitar wajah, kulit kering, rambut memutih dan lain sebagainya. Penuaan dini tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti stress, pola hidup yang tidak sehat, kurang istirahat, lingkungan dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengonsumsi makanan, sayur-sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin C sekaligus antioksidan seperti buah cempedak.

  1. Buah cempedak berguna untuk mengecilkan perut

Bagi anda yang ingin memiliki masalah kegemukan, ingin mengecilkan perut atau mempunyai bentuk tubuh yang lebih ideal dapat mencoba mengonsumsi buah cempedak. Hal ini karena buah cempedak dipercaya memiliki efek mengenyangkan sehingga mencegah seseorang untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan. Namun untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal sebaiknya juga diimbangi dengan pola hidup yang sehat dan olahraga yang teratur.

  1. Buah cempedak berguna untuk mencegah penyakit

Pada dasarnya setiap makanan yang dikonsumsi sesuai porsinya pasti akan memberikan efek yang baik bagi tubuh tak terkecuali dengan buah cempedak ini, dengan mengonsumsi buah cempedak secara teratur dipercaya dapat mencegah datangnya berbagai jenis penyakit seperti masalah pencernaan hingga mencegah terkena penyakit stroke dalam usia muda.

Itulah ketujuh manfaat buah cempedak bagi kesehatan tubuh namun perlu anda perhatikan walaupun buah cempedak memiliki rasa yang nikmat dan manfaat yang baik bagi tubuh sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan atau dalam jumlah yang banyak dalam sekali makanan khususnya bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag. Karena asam askorbat yang terdapat di dalam buah cempedak dapat menimbulkan perut menjadi kembung karena terlalu banyaknya gas yang tidak bisa keluar di dalam peurt. Selain itu mengonsumsi buah cempedak secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar asam lambung seseorang.

Manfaat Buah Cempedak Dan Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebihan | nenden123 | 4.5