Manfaat Buah Ceri Sebagai Tumbuhan Pioner

Manfaat Buah Ceri Sebagai Tumbuhan Pioner

Buah ceri atau kersen merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang terutama bagi anak kecil karena buah ini memiliki rasa yang manis dan warna yang menarik. Buah yang berwarna merah saat matang ini memiliki banyak nama sebutan yang berbeda tiap daerahnya baik di luar negri maupun di indonesia, untuk di indonesia sendiri buah ini dikenal dengan nama kersen, ceri, talok atau baleci.

Dalam pemanfaatan buah ceri ini dapat berbeda dan bermacam macam tergantung dari kondisi wilayahnya. Di negara Meksiko buah kecil nan manis ini memiliki nilai jual sehingga sering diperdagangkan di pasar. Hal ini jauh berbeda dengan yang terjadi di Indonesia banyak masyarakat Indonesia yang memandang sebelah mata terhadap buah ceri ini yang terbukti minimnya minat masyarakat indonesia untuk mengonsumsi buahnya. Hal ini karena jumlah buah ceri yang melimpah dan mudah ditemui di sembarang tempat mulai dari pekarangan rumah, kebun, tepi sungai, selokan, tanah lapang, celah bangunan, hingga tepi jalan sekalipun yang biasanya dijadikan sebagai hanya sebagai tempat berteduh.

Dan masyarakat Indonesia biasanya hanya memanfaatkan kayu atau ranting dari pohon ceri ini untuk dijadikan sebagai kayu bakar karena yang mudah kering, kemudian kulit kayu dari pohon ceri ini mengandung serat sehingga dapat diolah dan digunakan sebagai tali atau pembalut. Dan terakhir bagian bagian daunnya yang dapat diolah dan diseduh menjadi minuman penyegar semacam teh. Karena sifat dan daya tahan yang dimiliki pohon dari buah ceri yang terbilang kuat ini membuat tanaman ini tergolong dalam kategori tumbuhan perintis yang penyebarannya dibantu oleh beberapa jenis binatang yang tidak dapat mencerna biji dari buah ceri seperti codot (hewan sejenis kelelawar).

Walaupun keberadaan seing terabaikan namun tanaman yang memiliki nama latin Muntingia calabura ini memiliki berbagai nutrisi penting. Hal ini dikemukakan oleh Julia F Morton yang meneliti kandungan gizi buah ceri dalam bukunya yang berjudul Fruits of Warm Climates yang diterbitkan pada tahun 1987. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa dalam setiap 100 gram buah ceri atau kersen setidaknya memiliki 12 kandungan nilai gizi yaitu

  • Air sebagai komponen utama sebanyak 77 gram
  • Serat yang cukup tinggi sebanyak 4.6 gram
  • Lemak sebagai cadangan makanan sebanyak 1.5 gram
  • Protein sekitar 0.3 gram
  • Beta karoten sekitar 0.01 mg
  • Vitamin C sekitar 80.5 mg
  • Tiamin / vit B1 sekitar 0.06 mg
  • Riboflavin sekitar 0.03 mg
  • Niasin sekitar 0.5 mg
  • Zat besi sekitar 1.1 mg
  • Fosfor sekitar 84 mg
  • Kalsium sekitar 124,6 mg

Manfaat Buah Ceri Yang Tidak Kita Sadari

Buah ceri merupakan buah yang dapat diperoleh secara gratis karena dapat tumbuh di berbagai tempat dengan kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Walaupun memiliki buah yang kecil namun buah ceri atau kersen ini memiliki berbagai nutrisi penting layaknya buah sebagaimana umumnya. Berikut ini beberapa kandungan serta manfaat buah ceri atau kersen

  1. Buah ceri sebagai obat mengatasi diabetes

Di dalam buah ceri atau kersen ini terkandung zat saponin dan flavonoid sehingga berguna untuk penderita diabetes menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Walaupun memiliki rasa yang manis namun buah ceri yang dikonsumsi secara teratur setiap hari mampu membantu proses penyembuhan bagi penderita diabetes dan secara perlahan akan mengurangi efek serta obat-obatan yang dikonsumsinya. Selain buahnya ternyata daun dari pohon buahceri juga berguna dalam penyembuhan diabetes yang biasanya diolah dengan cara menjadikannya sebagai minuman. Daun pohon ceri dapat merangsang pembentukan insulin yang diperlukan dalam pengolahan zat gula di dalam tubuh.

  1. Buah kersen sebagai nutrisi bagi mata

Buah kersen ini mengandung vitamin A serta beta karoten yang sangat diperlukan oleh tubuh tereutama indra penglihatan manusia. Tingginya kandungan vitamin A dan beta karoten di dalam buah ceri dan daun pohon ceri dapat berguna sebagai asupan nutrisi bagi mata sehingga mata tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Buah kersen sebagai sumber energi

Jika berbicara mengenai sumber energi pasti anda sekalian sudah tahu zat apa yang berguna dalam menghasilkan energi. Karbohidrat merupakan salah satu sumber penghasil energi yang ditemukan di dalam buah ceri atau kersen tersebut. baiknya lagi walaupun buah ceri / kersen mengandung karbohidrat namun buah ini tidak akan menimbulkan kegemukan justru dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena buah ceri dapat mengenyangkan perut lebih lama dan menahan rasa lapar.

  1. Buah ceri untuk mencegah penyakit kanker

Siapa sangka jika buah kecil yang biasanya hanya dimanfaatkan untuk tempat berteduh ternyata memiliki khasiat yang luar biasa karena buah ini mampu melawan pertumbuhan sel tumor atau kanker serta mencegah zat pemicu kanker masuk dan menginfeksi sel tubuh. Khasiat ini dapat diperoleh dari buah maupun daun dari pohon ceri.

  1. Buah ceri berguna untuk kecantikan kulit

Beberapa kandungan di dalam buah ceri ini juga bermanfaat bagi kulit manusia karena dapat membuat kulit menjadi halus, bersih dan elastis. Selain itu kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan bagi kulit dapat mencegah radikal bebas, menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit nampak lebih muda.

  1. Buah ceri baik untuk kesehatan jantung

Kandungan di dalam buah ceri juga berguna untuk melindungi serta melapisi otot jantung yang berperan dalam pendistribusian darah yang mengandung banyak oksigen ke seluruh tubuh. Untuk memperoleh khasiatnya anda dapat mengonsumsi buahnya secara langsung atau mengonsumsi ekstrak daunnya.

  1. Buah ceri berguna membunuh bakteri

Beberapa penelitian modern mengungkapkan bahwa tanaman dan buah ceri ini memiliki sifat antibakteri yang kuat sehingga bisa dimanfaatkan dalam dunia medis untuk mengusir atau membunuh kuman dan bakteri. Dan mungkin karena itulah tanaman ini memiliki daya tahan yang kuat dan mampu tumbuh di berbagai lingkungan dengan kondisi yang terkadang tidak mendukung untuk ditumbuhi suatu tanaman.

  1. Buah ceri sebagai nutrisi tubuh

Dalam aktivitas sehari-hari diperlukan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh serta menjaga tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Buah ceri ini dapat dijadikan sebagai asupan nutrisi alternatif karena di dalam buah ceri atau kersen memiliki 12  kandungan utama yang berguna sebagai nutrisi bagi tubuh seperti yang telah dijelaskan dalam karya Julia Morton dalam bukunya yang berjudul Fruits of Warm Climates. Kelebihan dari buah ceri ini yaitu mudah didapatkan dan yang paling penting dapat diperoleh secara gratis.

Itulah manfaat buah ceri atau kersen yang sering diabaikan oleh masyarakat Indonesia. Namun tetap diperhatikan dalam pemanfaatannya kita harus tetap bijak jangan mengonsumsi buah ceri atau memanfaatkan daun ceri terlalu banyak atau terlalu sering karena dikhawatirkan dapat menimbulkan beberapa efek negatif.

Manfaat Buah Ceri Sebagai Tumbuhan Pioner | nenden123 | 4.5