Manfaat Buah Kedondong Dibalik Rasanya Yang Masam

Manfaat Buah Kedondong Dibalik Rasanya Yang Masam

Kedondong merupakan nama pohon sekaligus digunakan untuk menyebut hasil buahnya. Tanaman ini masih tergolong ke dalam jenis Anacardiaceaey itu tanaman golongan mangga manggaan. Buah ini dikenal dengan rasanya yang asam atau kecut sehingga tidak terlalu banyak orang yang menyukai buah kedondong ini. Untuk cara mengonsumsinya dapat dimakan secara langusng dalam keadaan yang masih segar namun dalam masyarakat buah ini sesring diolah menjadi makanan sejenis salad yaitu rujak manis atau jenis makanan lainnya seperti manisan, acar, asinan, selai atau dijadikan sebagai salad.

Selain itu buah yang memiliki biji tunggal serabut ini juga bisa dimanfaatkan daunnya sebagai penyedap dalam masakan seperti pepes ikan sehingga akan menambah cita rasa dalam masakan. Buah ini diperkirakan berasal dari suatu tempat di Melanesia atau Polinesia yang terletak di kepulauan pasifik bagian selatan yang saat ini lebih populer dengan nama kepulauan hawai.

Walaupun dikenal memiliki rasa yang masam atau kecut namun buah ini memiliki kandungan dan khasiat yang baik bagi tubuh manusia. Di dalam setiap 100 gram buah kedondong matang mengandung beberapa jenis nutrisi yang diantaranya yaitu

  • Kalori dengan kadar kurang lebih sebanyak 41 kcal
  • Lemak dengan kadar kurang lebih sebanyak 0.1 gram
  • Protein dengan kadar kurang lebih sebanyak 1 gram
  • Beta karoten atau vit A dengan kadar kurang lebih sebanyak 233 IU
  • Vitamin C dengan kadar kurang lebih sebanyak 30 mg
  • Tiamin / vit B1 dengan kadar kurang lebih sebanyak 0.08 mg
  • Riboflavin dengan kadar kurang lebih sebanyak 0.03 mg
  • Niasin dengan kadar kurang lebih sebanyak 0.5 mg
  • Zat besi dengan kadar kurang lebih sebanyak 3 mg
  • Fosfor dengan kadar kurang lebih sebanyak 22 mg
  • Kalsium dengan kadar kurang lebih sebanyak 15 mg

Walaupun masih banyak berbagai jenis nutrisi yang tidak disebutkan di atas namun bukan berartibuah kdondong tidak memiliki kandungan nutrisi tersebut hanya saja jumlah atau kadarnya yang masih belum diketahui secara pasti. Setelah mengetahui kandungan akan buah kedondong pembahasan selanjutnya adalah manfaat dan khasiat buah kedondong untuk kesehatan.

Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Buah kedondong ini menyimpan beberapa khasiat yang berguna bagi tubuh manussia, berikut ini beberapa manfaat buah kedondong yang tak disadari banyak orang

  1. Buah kedondong dapat dijadikan sebagai obat luka

Alam menyimpan berbagai rahasianya seperti pada berbagai jenis tumbuhan yang dapat dijadikan obat sehingga bahan kimia sebenarnya tidak diperlukan atau dapat dikurangi penggunaannya. Salah satu manfaat buah kedondong ini adalah mempercepat proses penyembuhan luka, membantu menutup membran yang terbuka akibat luka dan membantu dalam pembekuan darah. Selain itu buah kedondong ini juga berguna untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti gatal-gatal, iritaasi, infeksi hingga borok atau gejala gatal-gatal yang tergolong parah.

  1. Buah kedondong mampu meningkatkan kekuatanh sistem imun

Di dalam buah kedondong merupakan salah satu zat antioksidan yang secara aktif mampu menangkal berbagai zat asing seperti bakteri, virus, zat pemicu kanker, zat alergen atau zat lain yang berusaha menginfeksi tubuh. Selain itu buah kedondong juga meningkatkan daya tahan tubuh seseorang menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Pada hakikatnya setiap makanan yang bisa dimakan dan sesuai porsinya pasti akan memberikan efek yang baik bagi tubuh tak terkecuali dengan buah kedondong ini, dengan mengonsumsi buah kedondong secara teratur dipercaya dapat mencegah datangnya berbagai jenis penyakit seperti masalah pencernaan hingga mencegah terkena penyakit stroke dalam usia muda.

  1. Buah Kedondong dapat berguna untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam buah kedondong adalah serat yang cukup tinggi terutama padabuahnya yang masih muda, seseorang yang memiliki masalah pencernaan dapat mengonsumsi Buah Kedondong secara teratur untuk memperlancar sistem pencernaan serta memperlancar ketika akan buang air besar. Beberapa masalah yang dapat dicegah dengan mengonsumsi buah kedondong secara teratur yaitu maag, tukak lambung, susah buang air besar dan gastritis.Dengan begitu maka seseorang yang mengonsumsi buah kedondong secara teratur dan dalam porsi yang cukup akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

  1. Buah Kedondong berguna sebagai sumber antioksidan

Selain kaya akan kandungan serat buah kedondong ini juga kaya akan kandungan antioksidan yang dimilikinya seperti saponin, flavonoid dan polifenol. Dalam beberapa penelitian modern menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat di dalam buah kedondong dapat berguna untuk mencegah terjadinya berbagai infeksi terutama infeksi pada kulit. Tak hanya itu berbagai jenis racun, bakteri dan radikal bebas yang mencoba masuk ke dalam tubuh juga akan ditangkal oleh senyawa aktif yang terdapat di dalam buah kedondong tersebut. tak hanya berhenti sampai disitu buah kedondong juga mampu mengurangi pembentukan proses oksidasi nitrat dan enzim pro inflamasi sehingga radang bisa dicegah.

  1. Buah kedondong berguna menjaga kesehatan mata

Walaupun buah yang satu ini tidak berwarna merah maupun oranye namun buah kedondong ini memiliki khasiat bagi kesehatan mata. Buah kedondong ini mampu mempertajam indra penglihatan dengan cara memberikan nutrisi yang diperlukan oleh mata seperti vitamin A yang dapat mencegah berbagai gangguan penglihatan hingga akan berpengaruh pada ketajaman penglihatan dan daya penglihatan. Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas buah kedondong juga bisa dijadikan obat bagi beberapa penyakit ringan yaitu seperti batuk dan kekurangan sel darah merah (anemia).

Manfaat Buah Kedondong Untuk Wanita Hamil

Buah yang menjadi salah satu bahan rujak manis ini juga memiliki khasiat yang bagus untuk wanita yang sedang hamil, bahkan bukti empiris telah banyak ditemukan dalam hal ini banyak wanita hamil yang mengonsumsi setiap hari atau ngidam namun tidak menimbulkan masalah  kesehatan baik pada janin maupun pada sang ibu sendiri. Berikut ini ulasan lebih lanjut mengenai manfaat buah kedondong untuk ibu hamil

  1. Mengurangi resiko anemia

Ibu yang sedang hamil secara otomatis asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan dibagi menjadi 2 termasuk darah di dalam tubuh. Agar terhindar dari gejala anemia ketika sedang hamil maka ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah kedondong secara rutin

  1. Baik untuk perkembangan organ janin

Nutrisi yang terdapat pada buah kedondong ini tak hanya bermanfaat pada sang ibu tapi juga calon bayi. Buah kedondong ini dapat membantu dalam proses pembentukan sel, jaringan dan organ pada janin. Selain itu buah kedondong juga bisa membantu menguatkan tulang pada janin yang baru terbentuk.

  1. Berguna sebagai energi cadangan

Wanita yang sedang hamil memerlukan energi yang lebih agar tetap bisa menjalankan aktivitas dan tidak terlalu berdiam diri di rumah. Untuk itu buah kedondong yang mengandung cukup karbohidrat dapat dijadikan sebagai cadangan energi bagi ibu hamil.

Manfaat Buah Kedondong Dibalik Rasanya Yang Masam | nenden123 | 4.5