Manfaat Buah Kelengkeng Buah Kecil Yang Kaya Akan Manfaat

Manfaat Buah Kelengkeng Buah Kecil Yang Kaya Akan Manfaat

Kelengkeng merupakan jenis buah dari suku lerak lerakan yang diperkirakan berasal dari suatu daerah di kawasan Asia Tenggara.pohon penghasil buah kelengkeng ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim tropis. Buah ini memilikisebutan yang berbeda di tiap daerah terutama di Indonesia sendiri buah ini juga disebut sebagai lengkeng, longan dan mata kucing.

Manfaat utama dari tanamn ini berasal dari buahnya, buah kelengkeng yang sudah tua atau masak betul akan memiliki daging yang tebal, daging buah kelengkeng ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah lebih lanjut menjadi berbagai jenis olahan seperti dijadikan buah kalengan dan dijadikan sebagai bahan untuk minuman penyegar. Bagi umat islam terutama yang ada di Indonesia biasanya memanfaatkan buah kelengkeng sebagai takjil sebelum berbuka puasa yang dapat berguna sebagai pengganti kurma karena sama-sama memiliki raa yang manis dan menyegarkan.

Bagian lain yang juga bisa dimanfaatkan dari pohon kelengkeng ini adalah biji buahnya yang berwarna hitam bulat dan mulus. Biji dari buah kelengkeng ini mengundang senyawa antioksidan berupa senyawa saponin yang biasanya dimanfaatkan sebagai shampo untuk membersihkan rambut. Kemudian bagian batang atau kayu dari pohon kelengkeng memiliki kualitas yang cukup bagus sehingga bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan furniture atau bahan perkakas hingga konstruksi ringan seperti rumah. Selain itu bagian daun, bunga, biji dan buahnya juga sering dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional yang sering digunakan oleh masyarakat Cina Kuno.

Informasi Nilai Gizi Buah Kelengkeng

Walaupun memiliki ukuran yang kecil namun buah ini kaya akan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, senyawa fitokimia dan beberapa unsur penting lainnya. Untuk mebetahui lebih jauh manfaat buah kelengkeng bagi tubuh berikut tamabahan informasi mengenai nilai gizi yang terkandung dalam setiap 100 gram daging buah kelengkeng

  • Air sebagai komponen utama sebanyak 82 gram
  • Karbohidrat dengan kandungan sekitar 15 gram
  • Serat yang cukup dengan kandungan sekitar 1 gram
  • Lemak sebagai cadangan makanan dengan kandungan sekitar 0.1 gram
  • Protein dengan kandungan sekitar 1 gram
  • Kalori dengan kandungan sekitar 60 kcal
  • Vitamin C dengan kandungan sekitar 84 mg
  • Tiamin / vit B1 dengan kandungan sekitar 0.03 mg
  • Riboflavin dengan kandungan sekitar 0.1 mg
  • Niasin dengan kandungan sekitar 0.3 mg
  • Zat besi dengan kandungan sekitar 0.1 mg
  • Fosfor dengan kandungan sekitar 21 mg
  • Kalsium dengan kandungan sekitar 1 mg
  • Zinc dengan kandungan sekitar 0.05 mg
  • Kalium dengan kandungan sekitar 266 mg
  • Magnesium dengan kandungan sekitar 10 mg

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui akan kandungan yang dimilikinyauntuk pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai manfaat buah kelengkeng. Berikut ini beberapa manfaat dari buah kelengkeng yang perlu untuk anda ketahui

  1. Buah kelengkeng dapat menghilangkan stress

Stress dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti masalah berat yang dihadapi, rutinitas, kurangnya istirahat atau faktor lainnya. Namun penyebab utama stress yang dapat diamati adalah adanya tekanan yang berlebihan baik itu dalam pekerjaan, lingkungan rumah atau tekanan lainnya yang dapat menyebabkan gangguan mental. Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi buah kelengkeng di sela-sela aktivitas yang padat karena buah kelengkeng ini mempunyai efek yang menenagkan, memperbaiki mood dan meningkatkan sistem kerja syaraf agar tidak mudah jenuh, bosan hingga stress.

  1. Buah kelengkeng dapat mencegah berbagai jenis penyakit

Mencegah lebih baik daripada mengobati, mungkin itulah ungkapan yang tepat terhadap manfaat buah kelengkeng yang satu ini. seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa salah salah satu khasiat dari buah kelengkeng yaitu dapat meningkatkan sistem kerja saraf sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke. Selain stroke beberapa jenis penyakit lainnya yang dapat dicegah dengan mengonsumsi buah kelengkeng secara teratur yaitu seperti mencegah anemia, mencegah pengeroposan tulang terutama pada orang lanjut usia dan menurunkan resiko terkena serangan jantung.

  1. Buah kelengkeng dapat dijadikan sebagai penambah energi

Bagi anda yang memiliki aktivitas padat atau aktivitas yang berlebih pastinya memerlukan energi yang lebih pula. Buah kelengkeng ini dapat dijadikan sebagai buah penambah energi yang dapat dikonsumsi di sela-sela pekerjaan. Selain itu efeknya yang menyegarkan karena mengandung banyak air cocok dimakan saat cuaca panas sebagai penghilang rasa dahaga.

  1. Buah kelengkeng kaya akan kandungan vitamin C

Buah kelengkeng merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi, dalam setiap 100 gram buah kelengkeng atau hanya beberapa butri buah kelengkeng mengandung vitamin C dengan kadar sekitar 84 mg. Dengan kadar ini maka buah kelengkeng dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada pria dewasa dengan persentase hingga 93% sementara bagi wanita dewasa kandungan vitamin C di dalam buah kelengkeng dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian dengan persentase mendekati 100%. Vitamin C sendiri dapat berguna sebagai nutrisi serta berguna sebagai antioksidan.

  1. Buah kelengkeng berguna untuk menjaga kesehatan mata

Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Archives of Ophthalmology pada tahun 2011 menyatakan bahwa kekurangan kandungan riboflavin dapat menyebabkan berbagai gangguan penglihatan seperti katarak dan gangguan penglihatan lainnya. Setiap 100 gram buah kelengkeng yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan riboflavin sebanyak 38% hingga 42% per hari.

  1. Buah kelengkeng berguna untuk kecantikan wanita

Bagi masyarakat Cina mengonsumsi buah kelengkeng ini seperti sudah menjadi tradisi yang diturunkan secara turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu karena khasiatnya yang dimiliki. Masyarakat Cina percaya buah kelengkeng ini berguna untuk menjaga sekaligus mempercantik kulit. Selain itu buah kelengkeng ini juga berguna untuk meningkatkan gairah seksual baik bagi wanita maupun pria.

Efek Samping Berbahaya Dari Buah Kelengkeng

Pada dasarnya segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping termasuk buah kelngkeng ini. oleh karena itu sebaiknya anda mengonsumsi buah kelengkeng dalam jumlah yang tidak terlalu banyak namun tetap bisa dikonsumsi setiap hari. Berikut ini beberapa fek samping yang bisa ditimbulkan yang berguna sebagai peringatan bagi anda agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah kelngkeng

  1. Buah kelengkeng dapat menurunkan nafsu makan seseorang dapat menimbulkan efek ketagihan ketika mengonsumsinya sehingga ada keinginan untuk tidak ingin berhenti
  2. Buah kelengkeng dapat mengganggu proses persalinan bagi wanita yang sedang hamil karena efek buah kelengkeng dapat membuat rahim seperti tertekan
  3. Buah kelngkeng juga dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan apabila dikonsumsi secara berlebihan seperti dapat meningkatkan asam lambung, memperparah iritasi pada lambung dan menekan jaringan usus. Oleh karena itu bagi seseorang yang mempunyai riwayat penyakit maag atau sedang mengalami masalah pencernaan sebaiknya tidak mengonsumsi buah kelengkeng apalagi dalam jumlah yang banyak.
Manfaat Buah Kelengkeng Buah Kecil Yang Kaya Akan Manfaat | nenden123 | 4.5