Manfaat Buah Lontar Yang Tak Hanya Menyegarkan

Manfaat Buah Lontar Yang Tak Hanya Menyegarkan

Buah lontar atau yang dikenal oleh masyarakat jawa sebagai siwalan merupakan jenis buah yang berasal dari tanaman jenis palma yang dapat tumbuh dengan baik di wilayah tropis seperti Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah lontar atau siwalan ini dapat tumbuh hingga mencapai usia 10 tahun namun pohon ini baru mulai berbuah ketika sudah berusia 20 tahun. Di beberapa daerah buah yang hampir mirip dengan kolang kaling ini memiliki nama lokal yang hampir mirip seperti masyarakat Minangkabau menyebutnya lonta, beberapa daerah di jawa, sunda dan bali menyebut buah ini menyebutnya dengan nama ental, masyarakat suku sasak menyebut buah lontar dengan nama dun tal, bahasa madura menyebutnya dengan sebutan taal, masyarakat Toraja menyebutnya lontara, di Sumbawa menyebut dengan nama juntal, di daerah Ambon disebut dengan lontoir dan masih banyak lagi. Sementara dalam bahasa inggris buah lontar / siwalan disebut dengan palmyra fruit.

Manfaat Buah Lontar Berdasar Bagian Pohonnya

Kegunaan utama yang dimiliki buah lontar / siwalan yaitu sebagai bahan makanan yang dapat dikonsumsi terutama untuk buahnya yang masih muda. Buah lontar / siwalan ini mempunyai rasa cita rasa yang tak jauh berbeda dengan kolang kaling namun siwalan memiliki rasa yang dianggap lebih enak oleh kebanyakan orang. Selain itu, batok atau biji buah lontar yang sebenarnya adalah endosperma berbentuk cair juga memiliki nilai ekonomis karena biji buah lontar tersebut biasanya diperjual belikan sebagai bahan penyegar minuman atau sebagai campuran untuk es dawet yang menambah cita rasa manis dan segar secara alami yang berasal dari sari nira. Sementara itu buahnya yang sudah tua berwarna kuning kecoklatan juga dapat dikonsumsi baik secara langsung ataupun diolah menjadi terlebih dahulu. Buah lontar / siwalan yang sudah tua ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pewarna makanan alami berwarna kunin terutama untuk kue atau juga bisa dijadikan sebagai selai.

Kemudian bagian lainnya yang dapat dimanfaatkan yaitu bagian daunnya, daun dari pohon lontar ini biasanya dijadikan sebagai bahan baku kerajinan seperti anyaman, tikar, kipas, topi, keranjang, pakaian hingga alat musiksasando yaitu salah satu alat musik tradisional yang berasal dari daerah NTT. Selain itu masyarakat Sulawesi SelatanĀ  sering memanfaatkan buah lontar sebagai kerajinan seperti songkok, anyaman tali atau penutup topidengan cara mengolah pelepah daun atau tangkai pohon lontar dan diambil seratnya. Oleh sebab itulah masyarakat Sulawesi Selatan menjadikan buah lontar atau yang mereka sebut dengan nama tala dijadikan sebagai flora identitas Provinsi Sulawesi Selatan.

Jika ditinjau dari kualitas kayunya, pohon lontar mempunyai batang kayu yang berkualitas bagus, lurus, keras, panjang dan berwarna kehitaman yang unik. Oleh karena itu kayu dari pohon lontar acap kali dimanfaatkan untuk membuat kerajinan, perabotan rumah atau sekedar bahan bangunan. Dan bagian terakhir yang bisa dimanfaatkan dari pohon lontar ialah karang bunga terutama untuk tongkol bunga betinanya yang mengandung cairan manis sehingga biasanya diolah menjadigula, pemanis atau minuman fermentasi seperti tuak atau legan yang termasuk dalam minuman beralkohol yang dibuat secara tradisional.

Kandungan Buah Lontar Yang Berguna Bagi Kesehatan Tubuh

Buah yang biasanya digunakan dalam minuman atau kue ini mempunyai berbgai kandungan alami yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebelum mengetahui manfaat buah lontar ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu nutrisi yang terkandung di dalamnya, berikut beberapa jenis nutrisi yang terkandung di dalam buah lontar

  1. Air

Air merupakan kandungan terbanyak yang ada di dalam buah lontar, itulahm mengapa buah lontar memiliki efek menyegarkan. Di dalam setiap 1 gram buah lontar segar setidaknya mengandung air sebanyak 0.7 gram. Dengan kata lain lebih dari 70% penyusun buah lontar adalah air.

  1. Karbohidrat

Kandungan lain di dalam buah lontar dengan kadar cukup tinggi yang lainnya yaitu karbohidrat yang berguna sebagai sumber energi. Di dalam setiap 1 gram buah lontar segar setidaknya mengandung karbohidrat sebanyak 0.2 gram.

  1. Protein

Protein merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh karena berguna dalam sistem metabolisme dalam tubuh, regenerasi sel dan pertumbuhan terutama bagi anak-anak. Dalam setiap 1 gram buah lontar segar setiddaknya mengandung protein sebanyak 0.1 gram

  1. Fosfor

Fosfor merupakan salah satu jenis mineral yang dapat ditemukan dalam buah lontar dengan kadar yang cukup tinggi. Setiap 100 gram buah lontar segar setidaknya mengandung 22 miligram fosfor. Selain zat-zat yang telah disebutkan di atas, buah lontar masih memiliki kandungan lainnya sepertiniasi, tiamin, riboflavin, kalsium dan vitamin C.

Manfaat Buah Lontar Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut beberapa manfaat buah lontar buah kecil manis dan menyegarkan yang sering disepelekan oleh sebagian orang

  1. Buah lontar mampu mengatasi stress

Beberapa penelitian modern yang telah dilakukan menyatakan bahwa vitamin C yang terdapat di dalam buah lontar tak hanya sebagai vitamin biasa namun juga mampu meredakan stress yang dialami seseorang dengan cara membantu memperbaiki mood seseorang yang kurang baik.

  1. Buah lontar mampu mengatasi dehidrasi

Seperti yang telah dijelaskan sedikit di atas, buah lontar yang mengandung sekitar 70% air sangat berguna untuk mengatasi masalah dehidrasi atau kekurangan cair. Air yang terkandung di dalam buah lontar tersebutpun juga bukan air biasa melainkan adalah air berisoton ang mengandung mineral penting yang akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat. Selain itu buah yang memiliki tekstur kenyal ini dipercaya juga mampu membuat tubuh menjadi lebih sejuk.

  1. Lontar mampu mengatasi masalah cacingan

Siapa sangka jika buah yang kecil yang menyegarkan ini jgua dapat berguna untuk membantu mengatasi masalah cacingan. Namun bagian yang dimanfaatkan untuk mengobati cacingan yang sering terjadi pada anak-anak adalh bagian akar pohon lontar

  1. Buah lontar mampu mengatasi masalah kulit

Beberapa masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang adalah kulit terasa gatal atau kemerahan. Hal ini dapat disebabkan oleh lingkungan atau karena kurangnya dalam merawat kulit, salah satu cara untuk mengatasi masalah kulit tersebut ialah menggunakan buah lontar. Caranya cukup taruh buah lontar yang telah dikupas di area kulit yang mengalami masalah kemudian tutup dengan kain panas atau hangat.

  1. Buah lontar berguna sebagai sebagai antibiotik

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengamati kandungan dan efek yang dimiliki buah lontar tersebut. Hingga akhirnya beberapa hasil penelitian menunjukkan jika nira atau cairan manis yang ada di dalam buah lontar ini mengandung suatu enzin yang berperan sebagai antibiotik.

  1. Buah lontar berguna menjaga kesehatan tubuh

Beberapa vitamin B yang terdapat di dalam buah lontar seperti niasin, riboflavin dan vit B1 dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara mengoptimalkan produksi asam hidroklorat yang berguna dalam sistem pencernaan. Sementara fosfor sebagai salah satu mineral dengan kadar cukup tinggi di dalam buah lontar berguna untuk menjaga kesehatan beberapa organ dalam seperti hati dan ginjal.

Manfaat Buah Lontar Yang Tak Hanya Menyegarkan | nenden123 | 4.5