Manfaat Buah Salak Dalam Berbagai Bidang

 Manfaat Buah Salak Dalam Berbagai Bidang

Salak merupakan jenis buah yang dihasilkan oleh tanaman jenis palma yang diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tengara. Berbeda dengan jenis tumbuhan palma pada umumnya jika tumbuhan palma selama ini dikenal memiliki batang yang tumbuh lurus tinggi dan memanjang berbeda dengan jenis pohon palma penghasil buah salak ini karena tidak sampai beberapa meter pohon salak ini sudah bisa berbuah atau bahkan dipanen. Buah yang memiliki nama latin Salacca zalacca ini ini juga dijuluki sebagai snake fruit karena memiliki kulit yang bersisik layaknya seperti binatang ular.

Buah yang berbentuk segitiga tersebut memiliki beragam jenis namun jenis salak yang paling umum dikenal adalah salak pondo yang pada dasarnya memiliki ukuran yang relative lebih kecil jika dibanding dengan jenis salak lainnya. Namun kelebihan dari salak pondo ini adalah rasanya yang manis sehingga menjadi primadona salak yang digemari banyak orang. Untuk memperoleh salak pondo kualitas tinggi anda bisa mengunjungi daerah istimewa yogyakarta sebagai salah satu kota pengembang salak pondo di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bagian utama dari pohon salak yang bisa dimanfaatkan oleh manusia adalah bagian buahnya yang bisa dikonsumsi langsung dalam kondisi yang masih segar dan diolah menjadi beberapa jenis camilan seperti asinan, manisan, salah satu bahan pembuatan rujak manis, diolah menjadi buah kalengan hingga diolah menjadi keripik salak. Kemudian bagian lain yang dimanfaatkan ialah bagian anak daun dan kulit tangkai yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan seperti anyaman. Namun untuk memanfaatkan bagian ini anda harus berhati-hati dengan durinya yang tajam oleh sebab itu sebelum memanfaatkannya anda perlu membuang bagian durinya terlebih dahulu.

Sementara dalam dunia kesehatan buah ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi diare namun jika dikonsumsi terlalu banyak malah akan menimbulkan masalah pencernaan seperti sakit perut, mual atau susah buang air besar. Untuk mengurangi resiko dari efek negatif yang ditimbulkan buah salak ini, sebaiknya dalam mengonsumsinya tidak membuang kulit bagian dalamnya yang berwarna putih transparan namun jika dibuang juga tidak masalah asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Fakta Menarik Kandungan Serta Manfaat Salak

Selain karena rasanya buah yang digemari oleh banyak orang ini kaya akan kangungan gizi yang setiap harinya dibutuhkan oleh tubuh dalam porsi tertentu. Secara umum setiap 100 gram buah salak mengandung beberapa jenis nutrisi seperti

  1. Energi kurang lebih sebanyak 77 kkal
  2. Karbohidrat kurang lebih sebanyak 12 gram
  3. Protein kurang lebih sebanyak 0.8 gram
  4. Lemak kurang lebih sebanyak 0.4 gram
  5. Zat besi kurang lebih sebanyak 4 mg
  6. Kalsium kurang lebih sebanyak 38 mg
  7. Fosfor kurang lebih sebanyak 18 mg
  8. Vitamin B2 kurang lebih sebanyak 0.2 mg
  9. Vitamin C kurang lebih sebanyak 8.4 mg
  10. Senyawa aktif bersifat antioksidan seperti saponin, flavonoid dan tanin.

Manfaat Kulit Salak Bagi Kesehatan

Melihat dari topik yang ditulis diatas pasti banyak yang bingung apa sebenarnya manfaat yang dimiliki oleh kulit salak ini. kulit salak yang dimaksud disini sebenarnya adalah kulit ari tipis yang berwarna putih dan transparan. Kebanyakan orang akan membuang kulit ari tersebut ketika akan mengonsumsi salak padahal sebenarnya kuit ari ini tidak berbahaya bagi tubuh malah justru berkhasiat bagi tubuh kita. Berikut  beberapa manfaat kulit salak yang perlu anda ketahui

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Terdapat sebuah mitos yang beredar bahwa mengonsumsi buah salak dapat menyebabkan susah buang air besar namun hal itu tidaklah benar. Faktanya justru mengonsumsi buah salak beserta dengan kulit arinya yang tipis dapat berguna untuk memperlancar sistem pencernaan manusia. Masalah pencernaan memang dapat muncul terhadap seseorang yang baru saja mengonsumsi buah salak apabila dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini juga pernah dijelaskan oleh FX Wahyurin Mitano yang merupakan ahli gizi dari RSUD dr. Soetomo di Surabaya ia menyampaikan bahwa kulit ari tipis tersebut mengandung serat yang berguna untuk kesehatan sistem pencernaan serta mencegah dari masalah susah buang air besar.

  1. Obat alami mengatasi sariawan

Mulai sekarang jika anda mengonsumsi buah salak sebaiknya konsumsi juga kulit arinya dan jangan membuangnya. Karena dengan mengonsumsinya dapat membantu menyembuhkan sariawan karena salah satu vitamin yang terkandung di dalam buah salak adalah vitamin C bahkan dengan kadar yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan vitamin lain yang ada di dalam buah salak.

  1. Menjaga kesehatan mata

Selain vitamin C kandungan vitamin lainnya yang cukup tinggi adalah vitamin A. Walaupun buah salak ini tidak berwarna oranye atau merah namun memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk mempertajam indra penglihatan dan mencegah dari berbagai gangguan penglihatan seperti mokula katarak atau rabun. Bahkan kandungan vitamin A di dalam buah salak ini diperkirakan 5 kali lebih tinggi daripada buah mangga dan buah semangka yang justru berwarna merah. Itulah beberapa manfaat buah salak yang dikonsumsi bersama dengan kulit arinya.

Manfaat Buah Salak Tidak Disadari Banyak Orang

  1. Menjaga kesehatan saraf otak

Banyak yang tidak menyadari bahwa salah satu manfaat dari mengonsumsi buah salak adalah mampu meningkatkan fungsi kerja otak dan mencegah terjadinya gangguan saraf otak dengan kandungan potassium dan pektin yang yang berguna untuk sistem saraf otonom atau SSO. Oleh karena itu buah salak ini juga menjadi salah satu favorit bagi masyarakat Jepang.

  1. Mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian yang dipublish dalam sebuah jurnal Integrative Cancer Therapis bahwa di dalam buah salak terdapat semacam kandungan pektin yang berguna untuk mencegah perkembangan sel kanker terutama jenis kanker prostat yang biasanya dialami oleh pria dewasa. Selain itu kandungan pektin ini juga mengurangi resiko terkena apoptosis.

  1. Membantu dalam menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet dapat menjadikan salak sebagai asupan nutrisi yang sehat sekaligus dapat membantu program diet yang tengah anda jalani dengan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Ini terbukti dengan banyaknya penduduk terutama di negara maju yang memanfaatkan buah salak sebagai salah satu bahan salad.

Itulah beberapa manfaat salak yang ternyata lebih baik jika dikonsumsi bersama dengan kulit arinya. Namun tetap ingat meskipun buah salak ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita namun jika dikonsumsi secara berlebihan pastinya akan menimbulkan beberapa efek yang justru dapat merugikan kita sendiri. Selain itu seseorang dengan konndisi tertentu disarankan untuk menghindari dan tidak mengonsumsi buah salak ini.

Bagi seseorang jika mengalami kondisi seperti berikut ini disarankan untuk menjauhi buah salak yaitu seperti penderita penyakit lambung karena dapat memperparah luka pada lambung. Selain itu bagi penderita penyakit tipes juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah salak karena salak tergolong buah yang sulit untuk dikonsumsi di usus sehingga dikhawatirkan dapat memperparah infeksi yang terjadi di organ pencernaan.

 

Incoming search terms:

 Manfaat Buah Salak Dalam Berbagai Bidang | nenden123 | 4.5